Cara Interview Kerja yang Baik:
Kenali Potensi Diri
Cara interview kerja yang baik
adalah dengan mengenali potensi diri. Banyak orang yang belum bisa mengenal
dirinya sendiri, entah itu dari segi karakter dan sikap. Mungkin masalah ini
juga terjadi pada sahabat MySkill. Akibat yang timbul karena hal itu ialah kamu
belum bisa memilah dan menganalisis kelebihan dan kekurangan yang ada. Padahal
kalau dalam konteks wawancara kerja sangatlah penting mengetahui poin-poin
tersebut.
Ketika interviewer mulai bertanya
kepada kamu mengenai poin kelebihan dan kekurangan, harapannya kamu dapat
menjawab apa adanya dan perihal kekurangan juga usahakan sertakan cara untuk
menanganinya.
Pahami Deskripsi Pekerjaan yang
Kamu Lamar
Umumnya, setelah interviewer
memberimu pertanyaan terkait alasan melamar pada posisi tertentu, bagi kamu
yang memang sebelumnya pernah bekerja di posisi yang sama mungkin tidaklah
terlalu sulit untuk menjawabnya.
Misalkan kamu dulunya seorang
Chief Marketing Officer (CMO) yang kemudian menjelaskan kepada interviewer
bagaimana tugasmu dulu, yakni seperti meningkatkan prospek pelanggan atau
pengguna perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan perusahaan.
Selain itu CMO mempunyai peran dalam meningkatkan brand awareness dan retensi
target market, serta peran lainnya.
Lebih lanjut, jelaskan juga
project yang apa saja yang berhasil kamu tangani. Kalau kamu belum mempunyai
pengalaman kerja apapun, cobalah kaitkan dengan pengalamanmu dulu waktu masih
berkegiatan pada masa kuliah.
Lakukan Riset pada Perusahaan
Incaranmu
Melakukan riset sebelum interview
kerja merupakan tindakan yang tepat, ya, sahabat MySkill. Mengapa demikian?
Sebab supaya kamu bisa tahu nilai-nilai dari perusahaan tersebut dan fokusnya
pada bidang apa.
Kemudian, hal ini juga membantumu
ketika interviewer menanyai kamu soal perusahaan, sehingga dapat memberikan
kesan baik dan dianggap memiliki pengetahuan yang luas tentang perusahaan. Gali
lebih dalam informasi melalui website resmi atau media sosialnya.
Cara Interview Kerja yang Baik:
Siapkan Dokumen yang Diperlukan
Salah satu hal yang tidak kalah
penting untuk kamu persiapkan adalah dokumen yang dibutuhkan sebelum proses
interview kerja, yaitu CV (Curriculum Vitae), portofolio, kartu identitas,
fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. Semua itu bisa berbeda
antar perusahaan, jadi kamu harus teliti memeriksanya. Lalu, jangan lupa bawa
alat tulis dan catatan kecil, baik itu untuk interview kerja secara online
maupun offline.
5. Cara Interview Kerja yang
Baik: Perhatikan Etika dan Tata Krama
Ketika mulai berbicara perhatikan
dengan betul-betul cara kamu merangkai kalimat dan juga mengungkapkannya karena
skill komunikasi juga menjadi fokus seleksi. Selain itu, perhatikan pula tutur
kata serta gerak-gerik tubuh. Jangan sampai pihak pewawancara menjadi kurang
respect padamu karena gerak tubuhmu yang terlalu banyak atau pilihan kata-kata
yang kurang sopan dan cenderung informal, sehingga kesannya tidak sopan.
Banyak Latihan Interview Kerja
Agar lebih siap, sebaiknya kamu
rutin melakukan latihan untuk interview kerja dengan meminta tolong teman atau
orang terdekat. Pertama, kamu bisa membuat daftar pertanyaan dan jawaban
kemungkinan pertanyaan yang nanti akan perekrut lontarkan. Lalu, ajak keluarga
atau temanmu untuk menciptakan suasana seperti saat sedang melakukan wawancara
sungguhan.
Selain itu, cari tahu kelemahan
diri kamu, misalkan saja kamu tipe orang yang mudah grogi saat bertemu orang
baru, maka cobalah untuk lebih sering berkomunikasi dan bersikap terbuka pada
lingkungan sekitar. Hal tersebut akan sangat membantu guna melatih kepercayaan
diri. Dan juga tidak lupa agar melatih bahasa tubuh, gerak bibir, dan tahap
wawancara.
Sumber: Artikel
Asli
No comments:
Post a Comment